Pages

Sabtu, 16 Juni 2012

Tutorial Penanggulangan & Info Cacingan Pada Kucing

Cacingan pada kucing sering terjadi. Padahal banyak yang beranggapan “Bagaimana bisa kucing saya terkena cacingan padahal tidak pernah keluar rumah dan selalu menjaga kebersihan“. Itu semua tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya cacingan pada kucing anda. penyakit ini tidak mengenal usia dan memiliki derajat yang berbeda-beda dari ringan sampai berat. Ada 2 (dua) jenis cacing yang biasa menyerang kucing yaitu Cacing Gilig / Round worm dan Cacing Pita / Tape Worm yang memiliki 2 species : Taenia sp. dan Dipylidium sp.


Cacing Gilig                                        Cacing Taenia sp.




Ada beberapa faktor yang menyebabkan seekor kucing terkena cacingan yaitu :

Berasal dari air susu induk yang mengandung larva cacing dalam saluran pencernaan, larva tumbuh menjadi dewasa dan berkembang biak.
Kucing lain yang terinfeksi cacing.
Lingkungan seperti rerumputan, tanah, bak pasir, pasir yang terdapat telur cacing.
Melalui vektor pembawa seperti tikus dan pinjal / kutu.
Gejala yang sering tampak pada kucing yang terkena cacing :

Tubuh kucing tampak kurus, meskipun banyak makan
Perut membesar
Bulu tampak kusam dan berdiri-berdiri
Mata selalu belekan dan kotor.
Bila sudah parah gejala yang tampak muntah-muntah, lemas, tidak mau makan, muntah keluar cacing, diare keluar cacing dan sampai terjadi kematian
Maka dari itu semua, kita tidak boleh begitu saja menganggap remeh cacingan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan tindakan pencegahan yaitu :

1. Obat Cacing

Dalam pemberian obat cacing harus tepat waktu, dapat dimulai dari umur kucing 1,5 bulan dengan pemberian obat “Combantrin” atau “Pyrantel Pamoat”. Setelah kucing kita berumur 3 bulan dapat diberikan obat cacing “Drontal Cat” yang dosisnya tergantung berat badan. Obat cacing ini diulang kembali setiap 3 bulan sekali. Tetapi, disini harus diperhatikan bahwa dalam pemberian obat cacing, kucing anda tidak dalam keadaan bunting dan dalam keadaan benar-benar sehat, dalam artian tidak muntah, tidak diare, tidak kutuan, tidak lemas.

2. Memandikan kucing setidaknya 2 x dalam sebulan (2 minggu sekali), agar kotoran, pasir yang mengandung telur cacing dapat hilang larut dengan air.

3. Mencegah kucing liar masuk ke dalam halaman rumah atau dalam rumah

4. Melakukan pemberantasan pinjal, tikus karena mereka merupakan vektor pembawa telur cacing.

5. Menjaga kebersihan kandang, tempat makan, bak pasir, sering mengganti pasir, lantai. Bisa juga digunakan desinfektan dengan disemprotkan.

Semoga Postingan Saya Kali Ini Bisa Bermanfaat Bagi Para CATLOVERS Semua ^_^. Meaooo..

16 komentar:

Dewi Sekartaji mengatakan...

seandainya kucingnya sudah sembuh dari cacingan , bagaimana supaya cepat gemuk ?
karena saya pny kucing umur 6 bln seperti kucing umur 2bln

Alik kandhita mengatakan...

saya ada kucing di kos2an...kucing kampung...udah 2hari muntah cacing...tp hari ketiga udah g keluar cacing tp masih muntah...sudah saya kasih combantrin...tp g sembuh2...g mau makan n lemes gt...haduh jd bingung sendiri...kasian T.T
gmn y?

Mas Admin mengatakan...

@Alik : jangan samapi kekurangan asupan gizi di kasih nutri plus gel ato makanan wet food dulu.

Ashhabul Kahfi mengatakan...

gimana nih kucing saya udah gak muntah muntah cacing tapi gk mw makan?

Mas Admin mengatakan...

@Ashhabul kahfi : di kasih wet food aja dulu di masukin ke mulutnya atau kuning telur . ditambah kasih madu.

Unknown mengatakan...

ga muntah cacing tapi perut membesar knp tuh bang ?
matanya belek an kotor tiap hari .. ada solusi kah ?

Unknown mengatakan...

Kucingku muntah2 trus ada cacingnya, udah aku kasih drontal tapi dikeluarin lagi obatnya dan gamau makan.. Apa bsok dikasih drontal lagi?

Unknown mengatakan...

Persis hari ini.. kucingku pup berair dan keluar cacing hidup. Gak mau makan apa2... :( kasian liatnya... selain obat cacing itu obat herbal apa yahh yang bisa nyembuhinnya..aku beli obat itu pada gakk ada kosong..

Unknown mengatakan...

Didang : kasih combatryn aja dlu, terus kasih makanan daging biar nafsu makan lagi

"A!W" mengatakan...

Sy punya kitten umur 2 bln kurang lbh, gamau makan udh 2 hari
Tp masih mau mnum, udh dikasih combantrin tp masih lemes
Kira kira smbuh brp lama?
Udh dicoba wet food,vitacraft,susu tfp gamau makan

"A!W" mengatakan...

Sy punya kitten umur 2 bln kurang lbh, gamau makan udh 2 hari
Tp masih mau mnum, udh dikasih combantrin tp masih lemes
Kira kira smbuh brp lama?
Udh dicoba wet food,vitacraft,susu tfp gamau makan

Unknown mengatakan...

pemberian drontal catnya untuk mengobati kucing yang sudah terkena cacingan diulang berapa lama, tetap harus diberi jarak 3 bulan, karena yg saya tau 1-3 bulan sekali hanya untuk pencegahan. untuk pengobatan pemberiannya diulang berapa kali dan berapa hari sampai terlihat sembuh? dihari pertama sudah keluar dengan feses cacingnya yg mati, tapi sampai beberapa hari kedepan matanya masih berselaput menutupi setengah matanya

Unknown mengatakan...

Min,saya punya anak kucing boleh nemu sih nah dia pas kmren itu saya temuin di pojok gudang dalam keadaan diem aja gtu tapi pupnya ada di belakang dia kek lemes bgt gtu.. ya kek sekarat gtu deh. Trus saya ambil kan trus di bersihin dia lemes bgt dan sama saya di kasih kuning telur mentah akhirnya agak mendingan. Dan besoknya dia gak bisa jalan tduran aja.. saya pegang dia masa kek marah2 gtu min, bener2 deh galak bgt di pegang ibu saya juga gtu min marah2 teriak2 gtu kaya ada yang di rasa gtu.. trus di kasih neoremacil jd gak marah trus langsung lahap makan.. setelah itu esoknya dia muntah ada cacingnya trus td muntah tpi ga ada cacingnya.. napsu makan juga oke cuma dia kaya ga kuat jalan gtu emang kaya pincang gtu min.. itu kira2 kenapa ya?? Ada yang tau ga sih kira2 kenapa?)); sedih bgt liat dia kaya gtu. Cewe kucing saya masih kecil dan kucing kampung.. tolong bantu jawab ya makasii

Anonim mengatakan...

Ya saya juga punya kucing masih 2-3 bulanan.pas di kasi obat cacing kluar semua tu cacing. Tp nafsu makan nya ngak ada. Ini udh 2hari ngak mau makan. Tolong pencerahan nya biar nafsu mkan nya kmbli kyk dlu lagi. Mksi

Unknown mengatakan...

2 minngu

Anonim mengatakan...

Jika sudah diberi obat cacing,berapa hari ya sembuhnya?

Posting Komentar