Pages

Jumat, 22 Juni 2012

Catnip : Membuat Kucing Fly/Mabuk

Kucing kesayangan anda mungkin sekarang sudah dewasa, sudah jarang main dan melompat seperti dahulu ketika masih kecil. Sekarang  ia lebih independen dan cuek. Tidur, makan dan bergerak sesuai keinginannya sendiri....sepertinya anda tidak berarti  lagi baginya.

Sekali-sekali  cobalah berikan Catnip pada kucing Anda. Catnip tersedia dalam bentuk snack/kudapan/cemilan kucing atau dalam bentuk spray yang dijual di petshop-petshop. Dan, Boom...!..tiba-tiba kucing jadi ceria, berguling-guling, bergairah ...lincah dan berlari kesana kemari seolah ia menjadi anak kucing lagi.

Sebenarnya apa sih Catnip itu? dan kenapa reaksi kucing seperti  itu ?
Catnip adalah tanaman semak yang tumbuh liar di beberapa daerah seperti Eurasia dan Amerika Utara. Nama latin Catnip adalah Nepeta cataria. Catnip termasuk keluarga tumbuhan mint. Terlihat dari bau mint (menthol) yang disebarkannya.

 Tidak semua kucing terpengaruh Catnip. Sekitar 20 % kucing tidak terpengaruh Catnip. Ini berhubungan dengan genetik dan keturunan. Jika salah satu induk kucing (ibu atau bapaknya) terpengaruh catnip, biasanya anaknya pun akan terpengaruh Catnip. Sebagian kecil populasi kucing menjadi lebih agresif bila diberi catnip. Hal ini biasanya terjadi pada kucing jantan.


Efek Catnip

Catnip mengandung senyawa kimia yang disebut nepetalactone. Senyawa ini terkonsentrasi di batang dan daun. Senyawa inilah yang bertanggung jawab terhadap perubahan tingkah laku kucing.

Seeekor kucing. Biasanya akan mendekati tanaman catnip, mengendus kemudian mualai menjilati dan mengunyahnya. Ia akan menggosok-gosokkan  dagu, kepala dan badannya ke semak catnip secara berulang-ulang. Kemudian kucing tersebut menggoyang-goyangkan kepalanya, mengeong dan mendengkur keras serta berguling-guling.


Pengaruh catnip pada kucing mirip dengan pengaruh ectasy pada manusia. Tetapi catnip tidak menyebabkan ketergantungan pada kucing. Setelah efek catnip berakhir kucing kembali seperti sedia kala tanpa ada tanda-tanda sakit.

Efek catnip berlangsung selama kurang lebih lima belas menit. Setelah pengaruh catnip hilang, kucing kembali cuek seperti semula. Baru sekitar satu jam kemudian kucing dapat terpengaruh bila diberi catnip lagi. Catnip yang diberikan sebelum satu jam biasanya tidak akan berpengaruh banyak.

Selain Catnip, ada juga tanaman lain yang diketahui berpengaruh terhadap kucing, yaitu Valerian (Valeriana officinalis ) dan Actinidia polygama.

Catnip bermanfaat bagi kucing. Tumbuhan ini sudah sejak lama dijadikan obat. Beberapa penyakit yang diketahui dapat disembuhkan Catnip adalah gangguan lambung, kembung, meringankan sakit gigi, gelisah/gangguan syaraf, cacar,flu dan batuk. Catnip juga digunakan untuk mencegah keguguran dan kelahiran prematur pada manusia.

Teh Catnip Untuk Kucing

Berikut ini ada sebuah resep teh catnip untuk kucing dari www.kookykat.com.

Bahan
1 sendok daun catnip
125 ml air mendidih
125 ml susu tanpa laktosa

Cara Pembuatan
Rendam catnip dalam air mendidih selama 10 menit, aduk beberapa kali. Saring, tambahkan susu tanpa laktosa aduk dan sajikan.

Foto : http://www.holoweb.com/cannon/plants.htm

0 komentar:

Poskan Komentar